Kisah Mengharukan, Antara si Banyak Hutang dan Sholawat Nabi SAW

09:00

KISAH Terharu Antara si Banyak Hutang dan Sholawat Nabi SHALLALLAHU 'ALAIHI WASALLAM

WE LOVE YOU Muhammad SAW.


Kisah ini dari penggalan pidato Syeikh Husna Syarif, salah seorang ulama besar di Mesir.
Sebuah kisah tentang seseorang yang terbelit hutang piutang, yang hidup dalam tumpukan hutang ditengah kubangan kemiskinan.

Seorang lelaki yang dulunya kaya raya lalu jatuh bangkrut, sehingga mempunyai hutang yang besar. 

Setiap harinya, rumahnya penuh orang yang menagih hutang setiap harinya, hingga pada suatu hari ia pergi ketempat salah seorang saudagar kaya. Sudah bukan cerita baru, kedatangannya untuk meminjam uang pula, Ia meminjam uang sebanyak 500 dinar. Saking terkenalnya orang ini banyak hutang sampai-sampai saudagar ini bertanya, kira-kira kapan anda akan melunasi pinjaman ini ? Minggu depan Tuan... Jawabnya singkat.

Pada akhirnya ia pulang dengan 500 dinar digenggamannya. Jumlah segitu ia bayarkan kepada orang-orang yang setiap hari datang menagih hutang dan dari 500 dinar yang ia peroleh itu tidak tersisa sama sekali.

Hari demi hari ia bertambah sulit dan terpuruk kondisi ekonominya hingga tempo pembayaran hutangnya pun telah tiba. Saudagar itupun mendatangi rumah si miskin itu dan mengatakan " Tempo Hutang anda telah tiba ".

Si miskin dengan suara lirih menjawab : "Demi Allah saya sedang tak punya apa-apa".

Saudagar merasa geram kepada si miskin dan mengadukannya ke pengadilan, dan membawanya ke hakim. Setibanya di pengadilan, si hakim bertanya : "Mengapa anda tidak membayar hutang anda ?.

Lagi-lagi si miskin menjawab : "Demi Allah saya tak punya apa-apa tuan".

Karena merasa ini adalah kesalahan si miskin maka hakim memvonisnya dengan hukuman penjara sampai ia melunasi hutangnya. 

Kemudian si miskin bangkit dan berkata : "Wahai tuan hakim, berilah saya waktu untuk hari ini saja. Saya hendak pulang ke rumah untuk berjumpa keluarga dan mengabarkan hukuman ini sekalian berpamitan dengan mereka, baru kemudian saya akan kembali untuk dipenjara"

Hakim menyahuti si miskin dengan mengatakan : "Bagaimana mungkin, apa jaminanmu bakal kembali besok, sementara aku telah memvonismu hukuman penjara ?".

Lelaki itu terdiam, tapi seolah mendapat ilham di benaknya. "Rasulullah jaminanku, wahai tuan hakim, bersaksilah untukku jika besok aku tidak datang maka aku bukanlah termasuk umat Rasulullah".

Si hakim tersentak diam dan tersentuh hatinya, ia sadar betapa Agungnya Rasulullah....

Kemudian si hakim menunda hukuman penjara untuknya hingga esok.

Sesampainya di rumah, si miskin menghabarkan kondisinya kepada istrinya bahwa esok akan dipenjara. Lalu istrinya bertanya : "Wahai suamiku lantas apa dan mengapa sekarang engkau bisa pulang ?"

"Aku menaruh nama Rasulullah sebagai jaminanku", begitu jawab suaminya. Mata istrinyapun berkaca-kaca dan air matanya menetes sembari berkata pada suaminya : "Selama Rasulullah masih menjadi jaminan bagimu maka mari kita bershalawat. Dan merekapun bershalawat kepada Rasulullah dengan rasa cinta yang dalam".

Sampai akhirnya mereka tertidur, dalam tidurnya mereka mimpi melihat Rasulullah SAW, Rasulullah memanggil si miskin itu : "Hai fulan jika besok telah terbit fajar maka pergilah ke tempat ulama fulan dan sampaikan kepadanya bahwa aku menitipkan salam untuknya dan suruh ia menyelesaikan hutang piutangmu". "Jika ulama itu tidak percaya sampaikan 2 (dua) bukti ini".

Kemudian si miskin itu bertanya : "Apa 2 (dua) bukti itu wahai Rasulullah ?".

Rasul menjawab : "Katakan padanya bahwa dimalam pertama ia sudah membaca shalawat untukku 1000 X dan dimalam terakhir dia telah ragu dalam jumlah bilangan shalawat yang dibacanya. "Sampaikan padanya bahwa ia telah menyempurnakan shalawatnya".

Seketika si miskin terbangun dan pada pagi harinya ia pergi menuju si ulama fulan dan berjumpa dengannya. Tanpa buang waktu si miskin menyampaikan apa yang ia lihat dalam mimpinya. "Wahai tuan ulama, Rasulullah telah menitipkan salam untuk anda dan meminta anda agar menyelesaikan hutang piutangku".

Sang ulama bertanya : "Apa bukti dari kebenaran mimpimu itu tentang yang anda sampaikan ?".

Si miskin itu menyampaikan kedua bukti sebagaimana yang dikatakan Rasulallah SAW dalam mimpinya. "Dimalam pertama anda telah bershalawat kepada Rasulullah sebanyak 1000 X dan dimalam terakhir anda telah ragu dengan jumlah bilangan shalawat yang telah anda baca. Rasulullah mengatakan bahwa hitungan shalawat anda telah sempurna, dan shalawat anda telah diterima oleh Rasulallah".

Mendengar hal itu spontan ulama itu menangis karena berita gembira shalawatnya diterima Rasulallah SAW.

Ulama tersebut memberi uang 500 dinar dari baitul mal (untuk melunasi hutang si miskin) dan 2500 dari harta pribadinya untuk si miskin sebagai tanda terima kasih atas berita gembira yang disampaikan.

Tidak berapa lama kemudian si miskin bergegas pergi ke hakim untuk menyelesaikan perkaranya. Sesampainya ditempat hakim, tiba-tiba si hakim bergerak kearah si miskin seolah ia rindu ingin melihatnya dan memanggilnya seraya berucap : " Kemarilah, berkat anda aku mimpi berjumpa Rasulullah SAW ".

Rasulullah telah berpesan kepadaku bahwa jika aku menyelesaikan hutangmu maka kelak Rasulullah akan menyelesaikan perkaraku di akhirat. Ini uang 500 dinar untuk lunasi hutang2 anda".

Belum sampai selesai dia bicara, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu. Ketika dibuka, ternyata saudagar penagih hutang yang datang. Dia langsung memeluk si miskin dan menciumnya sembari berucap : " Berkat anda saya mimpi berjumpa Rasulullah". Beliau berkata padaku "jika aku merelakan hutangmu maka kelak di hari kiamat Rasulullah akan merelakan segala tanggunganku ". "dan ini uang 500 dinar hadiah untuk anda dan hutang anda lunas".

Subhanallah, kisah ini adalah sekelumit bukti betapa Rasulullah SAW selalu memperhatikan urusan umatnya.


Shalawat dan cinta kepada Nabi bisa menghilangkan kegundahan dan keresahan bahkan bencana.

Bershalawat lah engkau kepada Manusia Termulia Baginda Besar Nabiyuna Muhammad SAW.


اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا وحبيبنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم عدد وخلقك ورضا نفسك وزنة عرشك ومداد كلماتك

.سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma Wabihamdika Asyhadu Allaailaaha Illaa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaiik. Mahasuci Engkau Ya Allah, Dan Dengan Memuji-Mu, Kami Bersaksi Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Engkau, Kami Mohon Ampun Dan Bertaubat Kepada-Mu.

Bagikan keteman dan saudara2 kita, agar engkau mendapatkan Pahala Sholawat karena banyaknya yg BerSholawat.

Semoga Allah Memberkahi Kita Dan Memudahkan Urusan Kita Di Dunia Dan Di Akhirat.

Ya Allah, Tolonglah Kami Agar Selalu Berdzikir / Mengingat-Mu, Bersyukur Pada-Mu, Dan Memperbagus ibadah Pada-Mu.

Wahai Allah Yang Mulia ...
Ampunilah Dosa-Dosa Kami Dengan Kemuliaan AlMusthofa (Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam) Lapangkanlah Kami Dari Kesulitan.

Ya Robb Kami, Berilah Kami Kebaikan di Dunia dan Kebaikan di Akhirat dan Peliharalah kami dari Siksa Neraka.

آمِيْـنَ آمِيْـنَ آمِيْـنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Mohon maaf jika ada kesalahan.

Previous
Next Post »

2 comments

  1. Bank sampah:
    UBAH SAMPAH JADI BERKAH(RONGSOK)
    Bayar listrik pake sampah
    Beli pulsa gawe sampah
    $$$$$$$$$$$$$$$$$
    Cek tkp bae
    LA-TAHZAN
    PENGADEGAN-WANGON
    HP.081542735654
    *******
    Stop kredit bank, NgeRibaNget
    KREDIT=Menerima kenikmatan di muka, ditebus dengan kepahitan/pengorbanan yg lebih besar

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN).

    ReplyDelete

loading...